Hello, Puan Member

Most Popular

Puan TV

Malang, puanpertiwi.com

Masalah LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transgender) belakangan ini menjadi sorotan publik.Yang mengejutkan kelompok ini bukan hanya orang dewasa tapi ada juga anak anak .Sehubungan hal tersebut puanpertiwi.com menghubungi Yudhi Sudarsono ,Msi,pakar psikologi anak ,dosen Universitas Muhamadiyah Malang yang juga pengasuh konsultasi psikologi di Majalah Puan Pertiwi.

 

Menurut Yudhi, Langkah orang tua mencegah anak tidakterperangkap Dalam LGBT. Pertama orang tua haruslah memiliki pengetahuan yang benar tentang LGBT tersebut . Misalnya dengan mengetahui faktor penyebab gangguan pada seseorang. Karena dengan berbekal pengetahuan ini orangtua akan mencoba untuk mengambil langkah dan upaya pencegahan. Beberapa faktor yang berkembang dan memicu munculnya gangguan pada diri seseorang 1) biologis 2) psikologis 3) sosial budaya. Faktor inilah yang berkembang dan diyakini dapat menyebabkan terjadinya gangguan.

 

Kedua, hal yang agak rumit dan butuh waktu adalah melakukan pemeriksaan kondisi biologis anak. Langkah ini untuk menemukan dan menentukan langkah, bilamana secara biologis anak mengalami gangguan maka dapat segera dilakukan tindakan lanjutannya bersama dokter. Dalam kaitannya dengan psikologis, salah satunya misalnya adalah pola asuh, yang akhir akhir ini perlu mendapat perhatian serius. Karena banyak problem psikologis akibat penerapan pola asuh yang tIdak tepat. Hal ini membutuhkan kolaborasi yang baik dari ayah dan ibu sebagai figur dari anak yang menjadi dasar anak untuk memodelling dalam menjalankan peran termasuk didalamnya adalah peran seks dengan tepat.

 

Selain itu, masih ada hal yang perlu mendapat perhatian serius adalah lingkungan Sosial budaya dimana anak berada. Sikap sikap yang ditemukan anak dilingkungan mungkin berbeda dengan yang ditemukan dalam keluarga akan menjadi perdebatan dalam diri anak. Sikap yang seringkali diambil oleh anak adalah sikap yang dirasakannya lebih menguntungkan .Bahkan pada sebagian remaja yang menjadikan teman sebagai referensi. Maka sikap, perilaku bahkan gaya hidup akan dijadikan acuan bagi dirinya dalam berperilaku. Ini situasi yang perlu mendapat perhatian setiap orang tua.

 

Misalnya, sikap tidak peduli dan tidak mau peduli "urusanku adalah urusanku dan urusanmu silahkan urus sendiri". Hal itu merupakan gambaran kecil sikap anak yang memproteksi diri atas segala perilakunya. Entah sesuai atau tidak sesuai dengan norma yang ada mereka tidak peduli. Sangat beruntung ketika sikap tersebut mengarah pada sisi positif. Namun yang terjadi lebih banyak arahnya negatif. Sikap seperti ini akan sangat mudah bagi anak untuk dimasuki informasi pemahaman kelompok. Terutama pada hal yang dirasakan memberikan kebebasan dan menyenangkan dirinya dari hal hal yang dianggap membelenggu dirinya. Sikap ini akan menguat bilamana orang tua melakukan pengabaian dan akan dapat berdampak buruk pada anak. Oleh karena itu memperkuat kehidupan yang mencerahkan dan membahagiakan anak dalam keluarga ,hal ini akan dapat mengurangi resiko anak terjerumus ke dalam hal hal negatif. Bahkan keluarga seperti itu akan selalu dijadikan rujukan anak untuk bersikap dan berperilaku.(***l)

e-max.it: your social media marketing partner

Artikel Terkait

Sport & Art

Investigasi

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

Jakarta, puanpertiwi.com Jika dulu pelakor (perebut laki orang) takut dan...

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

Fenomena hadirnya selebgram di sosial media tak bisa ditahan lagi....

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Mekanisme bisnis secara elektronik ini sudah menjadi bagian dari gaya...

True Story

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

Puanpertiwi.com- Gadis kecil yang tak boleh merasa sedih akibat menderita...

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Puanpertiwi.com- Masalah berat badan apalagi sampai obesitas, bisa membuat kepercayaan...

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

Puanpertiwi.com- Kekerasan menggunakan air keras sangat memprihatinkan dampaknya. Pasalnya Air...

IN THE MAG

edisi129.jpg EDISI128.jpg EDISI127.jpg

Tentang Kami

Puan Pertiwi merupakan situs terlengkap aktivitas dan kebutuhan perempuan.

 

Social Media

    

Kontak

PT. MBC Pertiwi Multimedia

Jl. Bungur Besar Raya Blok B.3 No.85, Lt.4 Gunung Sahari – Kemayoran Jakarta Pusat 10610

Telp : 021-4225473, 021-4212129

Fax : 021-4225468, 021-4212129

Redaksi :

redaksi @ puanpertiwi.com 

Pemasaran :

marketing @ puanpertiwi.com

Twitter

Tentang Kami | Media Kit | Advertise With Us | Career Oportunities | Pedoman Media Siber | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.