Hello, Puan Member

Most Popular

Puan TV

Surabaya,puanpertiwi.com

Rekonstruksi perobekan bendera merah putih biru di hotel Yamato -- sekarang Hotel Majapahit yang digelar Pemkot Surabaya berlangsung cukup khidmad. Perobekkan bendera yang pernah dilakukan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kotanya dari bombardir Sekutu dipertontonkan sejumlah seniman di sepanjang jalan Tujungan, Senin (19/9) pagi.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang hadir mengenakan busana pejuang perempuan warna hijau tampak larut dalam teaterial yang dimainkan ratusan seniman, pelajar dan gabungan berbagai komunitas yang ada di Surabaya.

Pada rekonstruksi yang mengungkap sejarah perjuangan itu para seniman mempertontonkan adegan demi adegan menyerupai kejadian pertempuran kala itu. Termasuk memanjat hotel yang jadi tempat nongkrong bangsawan Belanda kala itu.

Para seniman gabungan dari berbagai kelompok teater melakukan adegam memanjat gedung hanya dengan tangga yang terbuat dari bambu untuk merobek bendera Belanda merah putih biru menjadi merah dan putih saja.

"Merdeka....merdeka...merdeka...!!!'' teriak para pemuda setelah bendera negara penjajah berhasil dirobek. Nyali para pejuang tampak semakin menyala-nyala saat dua jeep serdadu Belanda konvoi mendekati lokasi hotel bersejarah itu. Menyaksikan puncak adegan bersejah itu Risma tampak larut.

Ekspresi wajah orang nomor satu di Surabaya nampak berubah-ubah. Tegang, panik dan girang bercampur jadi satu seiring dengan adegan teaterikal. Risma tampak ikut bernyanyi saat 2.000 pelajar melantunkan oubade Berkibarlah Benderaku.

Usai adegan perobekan bendera, Risma ikut ambil bagian dengan membacakan puisi kemerdekaan. Walikota perempuan pertama itu tampak antusias dan berapi-api saat membacakan puisinya. ''Surabaya tidak mau dijajah bangsa manapun. Kita harus lawan penjajah yang ingin menguasai Surabaya. Merdeka...Merdeka....Merdeka....,'' teriak Risma diatas panggung upacara yang berdiri diatas Hotel Majapahit.

Tenterikal perobekan bendera ini digelar untuk mengeduksi masyarakat, khususnya generasi muda Surabaya agar tidak melupakan sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kotanya. Gelar rekonstruksi sejarah ini diselengarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 Nopember mendatang. Selain diikuti pelajar, mahasiswa, seniman dan juga veteran diselenggarakan sudah yang kedua kalinya. Para undangan maupun yang hadir seluruhnya mengenakan busana tempoe doeloe.

Untuk memperlancar acara yang akan diselenggarakan secara rutin itu, akses menuju jalan Tunjungan ditutup sejak pukul 06.00 wib. Seluruh arus lalu lintas yang menuju jalan bersejarah dialihkan ke jalan Gentengkali, Praban dan Bubutan. Baru pukul 10.00 wib, akses jalan yang jadi saksi bisu perjuangan berdarah-darah itu dibuka kembali.

Malam hari, acara lanjutan kembali digelar. Tampak dalam acara itu sejumlah jeep kuno, peralatan tempur dan senjata juga ditampilkan sebagai properti pergelaran. Sehingga, suasana jalan Tunjungan serasa kembali ke masa perjuangan. (ita/foto humas pemkot sby)

e-max.it: your social media marketing partner

Artikel Terkait

Sport & Art

Investigasi

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

Jakarta, puanpertiwi.com Jika dulu pelakor (perebut laki orang) takut dan...

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

Fenomena hadirnya selebgram di sosial media tak bisa ditahan lagi....

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Mekanisme bisnis secara elektronik ini sudah menjadi bagian dari gaya...

True Story

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

Puanpertiwi.com- Gadis kecil yang tak boleh merasa sedih akibat menderita...

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Puanpertiwi.com- Masalah berat badan apalagi sampai obesitas, bisa membuat kepercayaan...

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

Puanpertiwi.com- Kekerasan menggunakan air keras sangat memprihatinkan dampaknya. Pasalnya Air...

IN THE MAG

EDISI127.jpg edisi129.jpg EDISI128.jpg

Tentang Kami

Puan Pertiwi merupakan situs terlengkap aktivitas dan kebutuhan perempuan.

 

Social Media

    

Kontak

PT. MBC Pertiwi Multimedia

Jl. Bungur Besar Raya Blok B.3 No.85, Lt.4 Gunung Sahari – Kemayoran Jakarta Pusat 10610

Telp : 021-4225473, 021-4212129

Fax : 021-4225468, 021-4212129

Redaksi :

redaksi @ puanpertiwi.com 

Pemasaran :

marketing @ puanpertiwi.com

Twitter

Tentang Kami | Media Kit | Advertise With Us | Career Oportunities | Pedoman Media Siber | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.