Hello, Puan Member

Most Popular

Puan TV



Surabaya, Puanpertiwi.com-
Potongan lirik lagu "Surabaya Oh Surabaya" yang dinyanyikan siswa SMP Negeri 6 mengajak seluruh peserta mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo yang 72 tahun silam dengan gagahnya, berani menurunkan bendera Belanda merebut kemerdekaan.
 
Mngenang dan menghormati kembali perjuangan rakyat surabaya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan Refleksi ''insiden perobekan bendera belanda'' yang terjadi 19 September 1945 di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) dalam bentuk teatrikal.
 
Mengangkat tema "Surabaya Merah Putih" rekonstruksi perobekan bendera dimulai pukul 08.00 pagi oleh gabungan komunitas teater se-surabaya. Perobekan bendera Belanda dimulai ketika ada beberapa pemuda yang diperankan seniman datang dari arah utara memasuki hotel. Para seniman juga melakukan adegan panjat gedung menggunakan tangga bambu merobek bendera merah putih biru.
"Mereka mampu memperagakan aksi perobekan bendera merah putih dengan penjiwaan sungguh-sungguh. Saking emosinya, saat rekonstrusi ada tangan seoran gpemain yang hinga berdarah,'' kata Heri Prasetyo koordinator acara di jalan Tunjungan depan Hotel Majapahit, kamis.
 
Teatrikal tahun ini, kata Hari Lentho—panggilan akrabnya—beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini peristiwa bersejarah bagi perjuangan Indonesia itu melibatkan paduan suara pelajar SD dan SMP.
 
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang hadir menggunakan busana tentara berwarna hijau menuturkan bahwa peristiwa perobekan bendera merupakan momen gagah berani yang ditunjukkan warga Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


"Peristiwa perobekan bendera ini yang kemudian berakhir pada tanggal 10 November 1945," kata Risma seusai acara yang juga dihadiri oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol. Muhammad Iqbal, pasukan veteran, pasukan TNI AD, AL dan AU, Polri serta pelajar SD-SMP negeri/swasta, jajaran OPD terkait serta barisan Forpimda.
 
Dikatakan, sengaja melibatkan pelajar SD dan SMP. Tujuannya, supaya anak-anak mengerti jika para pendahulunya dengan gagah berani melawan kesombongan pemerintah Belanda untuk meraih kemerdekaan.
 
"Anak-anak Surabaya juga harus belajar dari pendahulunya agar berani. Tidak boleh takut dan tidak boleh minder dengan siapapun untuk mendapatkan masa depan yang lebih cerah dan lebih baik lagi ke depan," jelasnya.
 
Sementara Hartoyik selaku Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) menambahkan, peristiwa ini merupakan tujuan terakhir dari bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajah belanda selama 350 tahun. "Peristiwa ini seperti mercusuar yang menyinari seluruh negeri mulai sabang sampai merauke dan itu adalah Surabaya," pungkas Hartoyik.

 


Dalam acara ini, Hartoyik berpesan kepada generasi muda agar meneruskan perjuangan yang sudah dilakukan pejuang terdahulu dengan cucuran darah dan hilangnya ribuan nyawa rakyat surabaya. "Saya yakin para pemuda dan pemudi surabaya bisa meneruskan perjuangan ini dengan professional untuk menjunjung tinggi nilai bangsa dan negara ini,"urainya. (ita)

e-max.it: your social media marketing partner

Artikel Terkait

Sport & Art

Investigasi

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

PELAKOR MASA KINI BERANI TAMPIL

Jakarta, puanpertiwi.com Jika dulu pelakor (perebut laki orang) takut dan...

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

BISNIS JUAL LIKE DI SOSMED BELI LIKE PUN DILAKUKAN AGAR KLIEN PUAS

Fenomena hadirnya selebgram di sosial media tak bisa ditahan lagi....

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Kejahatan E-Commerse Perlu Payung Hukum UU IT

Mekanisme bisnis secara elektronik ini sudah menjadi bagian dari gaya...

True Story

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

KARENA PENYAKIT LANGKA, SETIAP MERASA SEDIH TUBUH GADIS KECIL INI MEMBIRU

Puanpertiwi.com- Gadis kecil yang tak boleh merasa sedih akibat menderita...

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Dari Berat 181 Kg, Amber Kini Ramping dan Jadi Ahli Make Up

Puanpertiwi.com- Masalah berat badan apalagi sampai obesitas, bisa membuat kepercayaan...

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

WAJAH TERSIRAM AIR KERAS, PASCA OPERASI PEREMPUAN INI TAMBAH CANTIK

Puanpertiwi.com- Kekerasan menggunakan air keras sangat memprihatinkan dampaknya. Pasalnya Air...

IN THE MAG

EDISI127.jpg EDISI128.jpg edisi129.jpg

Tentang Kami

Puan Pertiwi merupakan situs terlengkap aktivitas dan kebutuhan perempuan.

 

Social Media

    

Kontak

PT. MBC Pertiwi Multimedia

Jl. Bungur Besar Raya Blok B.3 No.85, Lt.4 Gunung Sahari – Kemayoran Jakarta Pusat 10610

Telp : 021-4225473, 021-4212129

Fax : 021-4225468, 021-4212129

Redaksi :

redaksi @ puanpertiwi.com 

Pemasaran :

marketing @ puanpertiwi.com

Twitter

Tentang Kami | Media Kit | Advertise With Us | Career Oportunities | Pedoman Media Siber | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.